Jumat, 23 Agustus 2013

Gunung Slamet

Perjalanan Penuh Cerita Gn Slamet via Bambangan (28-30 Maret 2013)
By : Agung Suryo Nugroho

Perjalanan ini berawal dari 2011 dan 2012 dimana ane dan teman2 ke gunung Slamet tapi tidak sampai puncak, di perjalanan 25-26 April 2011 kami camp di pos 1 karena teman pingsan setelah kram perut,kemudian di tahun baru 2012 kami camp di antara pos 3 dan pos 4 dikarenakan hal yg sama. Berawal dari situlah ketika kami ke gunung Merapi (November 2012) tercetus untuk mencoba lagi ke gunung Slamet untuk bayar hutang bisa menikmati keindahan ciptaanNya di puncak Slamet, dan terpilihlah tgal 29-31 Maret 2013.

Setelah terencana, ane sebagai seksi transportasi mulai hunting2 tiket KA, dan sayang sekali baru 2 hari tiket untuk tanggal 29 sudah ludes habis, dan terpaksa ganti hari jadi tanggal 28 Maret (dengan konsekuensi kami cuti 1 hari), berangkat dari stasiun kota jam 12.20. Dan akhirnya terbeli juga 18 tiket PP GBM untuk tgl 28 dan 30. selain 18 orang naek GBM, 3 orang naek bengawan malam hari, 4 orang naek bis.
Setelah tiket ditangan..tinggalah menunggu hari dan mempersiapkan semuanya .

dan dari sini perjalan banyak cerita dimulai......

28 Maret 2013
Sebelum meluncur ke stasiun ane dan istri meluncur ke Patra Jasa dulu untuk lapor SPT tahunan ( melaksanakan kewajiban sebagai warga negara yg baik ),
begitu selesai dengan urusan pajak,segeralah ane meluncur ke Stasiun kota dengan busway, dan kami pun jadi center of interest semua orang kantoran melihat ke kami yg bawaannya tas segede gaban hahahaha. Jam 10.15 ane dan istri sampai di stasiun kota, sampai disana sudah ada tyo yg dari bekasi dan temannya di sana,,karena begitu banyak rombongan yg belum datang (total rombongan 15orang 3orang cancel di hari H), ane segera kontek2 yg lain.
Bang fikrul sebagai sesepuh mengabari masih di busway bersama bois dan nurman,bang rama sebagai wakil sesepuh beserta rombongannya 4 orang tidak ada kabar(bbm pun belum dibales), Agus bersama bobby dan ade yg dari bekasi belum ada kabar juga.selang beberapa waktu afdhal datang menambah jumlah kelompok kami. Jam mulai bergerak perlahan2 jam 10.45 akhirnya bg fikrul,bois dan nurman sampai juga di stasiun kota. Sudah terkumpul 8orang (ane,istri ane, bg fikrul,nurman,afdhal,bois,ricky dan tyo) dan sambil menunggu kabar yg lain ane tuker tiket booking KA dengan tiket,,beberapa yg tidak ada KTPnya untung masih bisa ditukar karena rombongan . Dan ketika menukar tiket kabar datang dari bekasi, mereka ketinggalan kereta menuju stasiun kota , dan kereta berikutnya jalan pukul 11.45 karena merasa tidak mungkin naek kereta mereka putuskan naek taksi.selang 10 menit muncul kabar dari bang rama and the gank, mereka terjebak macet di kebayoran lama. .wow semua panik..jam sudah menunjukkan pukul 12.00. 20 menit lagi kereta berangkat,dan ada 2 rombongan yg masih belum datang..12.10 kabar dari bekasi datang lagi,mereka tercebat macet di pintu tol jati asih .kemudian kabar dari bang rama and the gank bahwa mereka menyerah , karena masih terjebak macet dan dan gak mungkin bisa sampai stasiun kota sebelum kereta berangkat. Dengan pilu kami pun melepas mereka balik ke rumahnya masing2..
dan akhirnya kami pun manuju gerbong kami dengan kepala tertunduk..5 orang pulang kembali kerumah masing-masing dan 3 orang masih terjebak macet, tidak mungkin untuk sampai di stasiun tepat waktu.

Pukul 12.30 kereta pun perlahan-lahan berjalan meninggalkan stasiun,,ane coba contact agus dkk yg dari bekasi kaga ada balesan,telp kaga diangkat,dan ane pun sms bilang "cari bus aja,gue tunggu di basecamp,,jangan menyerah bro", tidak ada respons dari mereka. dan rombongan kami duduk terdiam di kursi yg kosong begitu banyak (18 kursi cuma terisi 8 orang saja) kosong, seperti hatiku saat itu.
Dalam perjalanan kami coba ngobrol untuk sedikit menghidupkan suasana..hehehe..bg rama dan teman2 tetep sms dan bbm kasih semangat ke kami untuk tetap semangat meski perjalanan ini tanpa mereka ...
Jam 14.00 ada sms masuk..dari agus "Bro, kami berangkat dari terminal Pulogadung gak tau pe terminal purwokerto jm berapa,,duit juga ludes 200rb buat taxi doang"..hahahaha..aku pun tertawa dan kasih tau teman2 rombongan dari bekasi nekat nyusul naek bis... . aku bilang "gue tunggu pe jam 9 klo belum sampai,bareng aja iman dkk(3orang yg naek kereta malam)".
Jam 19.00

Sampai juga kereta di stasiun purwokerto,sampai disana kami segera sholat maghrib sambil menunggu 4 orang yg naek bis pagi,untuk berkumpul di Stasiun, akhirnya rombongan yg naek bis (Ivan,Adin,Agus,Alan) nyampe juga di Stasiun. dan ber12 kami cari makan soto dulu di depan stasiun.

Jam 8 kami dapat kabar dari agus mereka masih di indramayu,,kami suruh duluan nunggu di basecamp.
Ya sudah selesai makan,kami cari mobil untuk menuju bambangan.dan kami dapat 2 mobil innova dan avanza dengan tarif yg saya bilang agak murah untuk fasilitas semewah ini hahaha( baru kali ini menuju basecamp dengan kendaraan mewah).

Jam 22.00
Sampailah kami di Pondok pemuda bambangan,disana sudah ada beberapa pendaki dari Bandung dan Jogja. Setelah itu kami sholat dan istirahat tidur.

29 Maret 2013
Jam 04.00
Ane terbangun karena rombongan kedua datang (agus,bobby,ade ditambah iman,anie dan temennya).
Dan begitu subuh menjelang ada sms dari seorang sahabat dekat ane "Alhamdulillah bro, super lampz junior telah lahir dengan selamat jam 4 tadi"..subhanallah..bahagia ane dapet kabar dari shabat dia telah punya penerus . segera ane,agus dan bobby bergantian menelepon dia, dan dia berpesan "ati2 bro yg penting Slamet sampai rumah lagi", hahaha dia emang tak pernah berpesan yg penting slamet sampe puncak.
Jam 05.00 ane bangunin semua untuk sholat subuh dan packing2 untuk persiapan mulai jalan setelah subuh, setelah semua bangun, kami sholat gantian sambil packing sambil bikin kopi.

Jam 06.00 semua telah siap dan tiba2 hujan datang , kami pun memutuskan untuk menunggu sebentar agar hujan agak reda, sambil menunggu ada yg cari sarapan di warung depan pondok

Sekitar jam 07.00 hujan mulai reda.kami pun berkumpul dan berdoa bersama agar perjalanan kali ini diberi kelancaran, setelah berdoa kami pun berangkat. bois sebagai leader didepan ane dan istri ditengah bang fikrul dan iman sebagai sweeper..

Perjalanan diawali menyeberangi sungai kecil dan perkebunan penduduk..masih dengan semangat kami melibas semua trek yg ada

sampai lapangan bola,rombongan mulai terpecah dan rombongan paling depan pun istirahat untuk menunggu yg lain .

Perjalanan terasa menyegarkan di pagi hari,,jauh dari bising dan polusi ibukota  , setelah lengkap rombongan depan (bois,ivan,adin,agus,alan,nurman,afdhal)pun mulai jalan lagi, kemudian sisanya menyusul 5 menit kemudian. Trek dikanan kiri didominasi rerumputan hijau segar dan pohon pinus.

Jam 8.15 kami rombongan sampai di pos 1 dengan lengkap,,istirahat sejenak, mengatur nafas setelah terengah2 gara2 tanjakan sebelum pos 1 , ada yg bbman ma pacarnya  (si ade sempetnya bbm pacarnya).

Rombongan yg awal tadi sampai bersiap melanjutkan perjalanan,, akhirnya dibagi 2 kelompok, 1kelompok duluan dan 1 kelompok nanti nyusul
Jam 8.30 kelompok 1 ( Bois,Ivan,Adin,Alan,Agus Jr,Ane,Bini ane,Afdhal,Agus) berangkat duluan.
Trek dari pos 1 ke pos 2 di awali dengan tanjakan yg cukup curam, dan sudah mulai memasuki hutan lebat. Kiri kanan pohon2 gede dan bunga2 berwarna ungu banyak bertebaran. diperjalan menuju pos 2 kami jarang bertemu pendaki lain. Setelah sekitar 1jam berjalan kami sampai di pos 2 pukul 09.45. Disini sambil menunggu Tim ke2 kami sepakat untuk memasak dan ngopi-ngopi dulu, Ivan pun bongkar peralatan perangnya, kompor,nesting,mie,kopi,dan makanan2 kecil. Sambil menunggu air matang si Agus jr membagi2kan dagangan emaknya ke kami (sumpah ni anak kaya warung berjalan,mulai dari beng2 1 dus, roti,permen bahkan plastik pun dia sedia 1 pak ). Begitu air matang maka kopi pun diseduh dan dibagi2 kan,,istri ane bikin popmie,ane cukup makan roti dan ngopi aja,dan seperti sudah direncanakan.Tim 2 seolah mengintip kami dan menunggu masakan kami matang, begitu matang mereka pun tiba di pos 2 dan langsung santap bareng deh

Dan disini Iman bilang kaki Annie agak sakit, maka dari itu kami kelompok 1 disuruh duluan,dan jam 10.30 kelompok 1 melanjutkan perjalanan. Baru sekitar jalan 10 menit gerimis pun datang..ane pun buka payung orange ane smbil berharap hujan reda, tapi setelah 20menit menunggu hujan tidak reda,maka kami melanjutkan perjalanan ke pos 3 dengan jas hujan, perjalanan ke pos 3 terasa sangat berat karena hujan dan pake jas hujan yg membuat badan lembab. Dalam perjalanan bertemu kami bertemu soloist dari kampung rambutan yg saya ketahui namanya tommy, dan soloist dengan kaos OANC berasal dari cilacap,yg tidak ane ketahui namanya , karena kami emang orang2 yg ngacccooo semua, tak pelak mereka berdua sering kami bully dalam perjalanan hehehe..maaf ya om,semua cuma bercandaan belaka untuk menghilangkan rasa capek kami .
Hujan yg turun dan kaki yg mulai melemah membuat kami berjalan agak terseok2 dan sedikit istirahat untuk mengambil nafas  hingga akhirnya jam 12.30 kami sampai pos 3. Di Pos 3 hujan sudah agak reda kami beristirahat sambil berharap hujan reda,dan akhirnya hujan reda kami lepas jas hujan yg sedikit mengganggu jalan hehehe..

Setelah reda kami pun langsung lanjut menuju pos 4 dan kami rencanakan sebelum gelap sampai pos 7 untuk dirikan tenda.Perjalanan pos 3-4 pun makin berat dengan menemui berapa pohon tumbang dan tanjakan yg mempertemukan dengkul dengan dagu hehehe..perjalanan menuju pos 4 mulai ditemukan pepohonan kering dan bekas kebakaran.Pukul 13.45 akhirnya kami sampai pos 4, disini kami istirahat sambil membuka bekal berupa roti dan cemilan untuk mengisi kembali energi yg terkuras.

Setelah istirahat 15 menitan kami lanjut menuju pos 5, Nurman yg begitu bersemangat karena sudah mengantuk langsung ngacir dipaling depan..hehehe, ane yg mulai berasa beratnya carrier dan bois yg pahanya mulai bermasalah ada di paling belakang,istri ane yg ane suruh duluan untuk mengawal yg laen (di kelompok 1 yg pernah naek gunung cuma ane,istri ma bois), setelah jalan sekitar 45menit terlihat atap bangunan di pos V, saya dan bois pun memepercepat langkah, kira2 200m sebelum sampai pos V langsung turun hujan dengan cepat..ane pun secepeat kilat menyambara payung sakti ane dan byaarrr..terbukalah payung dan ane selamat dari guyuran hujan . Jam 15.10 sampai di pos V dan dalam suasana hujan, di POs V sudah banyak pendaki yg berteduh dan tenda sudah memenuhi lapak2 disana.
Ane melongok ke dalam,ada 1 tenda di shelter dan ternyata di bale2 di dalam shelter baru di pakai 2 orang soloist yang tadi sering ketemu diperjalanan( Tommy dan Pria berbaju oanc dari cilacap), ya sudah akhirnya kami gabung dengan mereka lagi.. diatas bale2, sambil nunggu hujan reda..kami istirahat,ambil air,dan sholat dhuhur+ashar di sana,dan karena perut mulai lapar,kami memutuskan utk masak lagi di Pos 5.
Gerimis yg terus turun membuat kami malas untuk beranjak lagi, bahkan Alan dan Nurman pun terlelap di bale2 dengan nyenyaknya..hehehe.hehe
Sambil bersantai-santai ane yg laen ngobrol untuk stay di sini ato nanti reda lanjut ke pos 7, yg di perkirakan butuh waktu 1 jam lagi.Klo dari pos 7 mau summit attack berangkat jam 4 bisa, klo dari pos 5 jam 3. akhirnya team setuju untuk menunggu sampai jam 7 malam,klo hujan reda kami lanjut ke Pos 7.
sambil istirahat kami bertanya ke pendaki lain untuk menanyakan posisi kelompok 2, dan kami dapat kabar bahwa mereka mendirikan tenda 3 tenda di pos 2, okelah kami berharap mereka melanjutkan perjalanan menyusul kami . Makin sore makin banyak pendaki yg naek keatas, hujan sudah agak reda tapi masih terdengar petir menggelegar, ane pun berfikir "wah kalo nanti lanjut ke pos 7, lapak sudah habis kemudian turun hujan bisa berabe nih", akhirnya ane sampaikan ke kawan2 yg laen. dan mereka akhirnya setuju kami stay di pos 5 dan lanjut summit besok jam 3 pagi, Alan dan Nurman seolah tidak mau kehilangan tempat nyaman mereka hehehe.Akhirnya kami pun tidur dibale2 sambil menunggu esok hari dan Kelompok 2 menyusul.

30 Maret 2013
Jam 00.00 lagi enak2nya tidur terdengar suara memanggil-manggil. Ternyata Kelompok 2 hanya Agus,Ade dan Ricky yg menyusul, bobby dan tyo medirikan tenda di Pos 3, bang Fikrul,Iman,Annie dan temennya Iman stay di pos 2 karena annie dan temannya iman ngedrop.
ane pun meneruskan tidur dan mereka yg baru datang pun ngopi-ngopi,sekitar pukul 1 ane bangun, sambil ikutan ngobrol ma Agus,Ade,Ricky dan afdhal yg diluar,ane bikin bakso dan teh panas buat bini ane,untuk persiapan summit. jam 2 kami sudah bangun semua dan bersiap2 untuk summit attack,makanan kecil,tripod,kamera,minuman dimasukkan ke daypack.akhirnya tim kami siap untuk summit (Ane,bini ane,bois,agus,ade,ricky,nurman,ivan,alan,adin,agus jr,afdhal) ditambah dengan soloist tommy, soloist dari cilacap kaga ngikut katanya,,udah sering ke slamet hehehe..oh iya ada juga bapak2 dari padang yg mau triple S (Semeru,Slamet,Sumbing) dan beberapa hari lalu berhasil muncak ke Semeru secara ilegal
Okelah setelah semua berkumpul, kami berdoa (dipimpin ma bapak2 dari Padang tadi). dan Jam 03.00 kami mulai perjalanan menuju puncak.
Trek pos 5 - pos 6 ternyata wow..terjal dan sempit hehehe, syukurlah kemarin kami tidak lanjut ke pos 7, klo lanjut pos 7 kayaknya berat nih lewat trek kaya gini bawa carrier dan tenaga sudah terkuras.., 20 menit perjalanan kami sampai pos 6.disini kami istirahat sebentar, karena bapak dari padang dengkulnya dengkul resing,maka kami persilahkan dia duluan hehehe..setelah merasa istirahat cukup kamipun lanjutkan perjalanan,di tengah2 perjalanan pos 6 - pos 7, perut si ade mulai protes kebanyakan isinya dan minta dibuang , jadi si Ade,Agus dan Ricky pun minta kami duluan,,setengah jam kemudian kami sampai pos 7.disana sudah penuh tenda dan beberapa umatnya bersiap summit juga, dipos 7 kami cuma numpang lewat aja,langsung lanjut ke pelawangan,, makin ke atas pepohonan mulai jarang, sehingga bisa terlihat cahaya lampu kota bagaikan bintang yg bertebaran, perjalanan menuju pelawangan pun kami lewati dengan perlahan untuk menunggu agus,ade dan ricky sambil melihat pemandangan yg aduhai dibawah kami . sampai dipelawangan kami istirahat sebentar untuk atur nafas sebelum melewati trek kepuncak yg aduhai.
.Dipelawangan Ricky sudah tidak kuat,dia bilang gue disini aja mau tidur,,hehehe oke lah dengan berat hati kami biarkan dia melanjutkan perjalanan ke pulau kapuk dengn ditinggalin sebotol aqua dan 1 bungkus mie instant. Perjalanan menuju puncak kami ditemani bulan yg bersinar terang dan benar2 butuh nafas ekstra, dengan ngos2an kami lewati pelan2 batu2an yg mudah runtuh..sambil berjaga2 agar tidak ada runtuhan batu yg mengenai teman yg dibelakang kami.
Perjalanan 1 jam belum sampai puncak juga, dan dari ufuk timur cahaya mulai kelihatan..gelap..mulai temaram,,terlihat samar gunung sindoro dan sumbing.
Ane dan istri pun berhenti untuk menyaksikan sunrise di tengah perjalanan menuju puncak,,subhanallah begitu indah ketika warna orange mulai terlihat diantara sindoro dan sumbing,meski matahari tertutup awan tapi temaramnya begitu syahdu,membuat ane sempat menitikkan air mata ketika menikmati keindahan yg diciptakanNya bersama belahan hati ane ....syahdu...

Setelah selesai melihat sunrise,kami pun melanjutkan ke puncak,,waah di puncak ternyata sudah rame..dan anginnya begitu dingin..hehehe.
Bois,Tommy,Nurman,dan Afdhal melanjutkan ke kawah, ane dan yg lain cukup sudah sampai sini hehehe...
Setelah puas foto2 dipuncak tidak lupa foto tiketnya bg rama dipuncak  (bg kami sudah lunas hutangnya) (dan sedikit khawatir ma ricky ) kami pun turun.

Perjalanan turun ternyata lebih susah daripada naeknya,,licin dan banyak batu yg mudah runtuh..dan disinilah terjadi sebuah moment yg tak akan pernah kami lupa.
kira2- kira sampai setengah perjalanan turun,,terdengar teriakan nyaring dari atas "awaaaassss batuuu jatuh...!!!" dan seperti adegan di film 5cm, sebuah batu gede runtuh dari atas,semua panik dan mencoba menghindar,,ane yg bersama istri pun panik,mencoba minggir menjauh dari jalur batu yg runtuh,,batu cepat sekali menggelinding kebawah dan mengarah ke kami berdua, Alhamdulillah batu pun terpecah menjadi 2 ketika menghantam batuan lain, dan pecahan yg gede masih meluncur deras ke arah kanan (dimana ada ivan,alan,adin,dan agus jr), mereka pun berlari menghindar,,batu sempat mengarah ke Alan, untunglah alan yg badannya agak gembul bisa melompat sehingga terhindar,,batu pun trus meluncur deras ke bawah sehingga hampir mengenai beberapa pendaki yg mau naek juga.untunglah akhirnya tidak ada yg jadi korban.
dan kami pun melanjutkan perjalan turun, dengan hati yg masih berdebar2, istri sempat shock dan kaki alan pun bergemetaran. sampai pos 5 sekitar jam 9. Sampai disana segera masak2 bikin mie,nasi liwet,sarden,spagetti untuk mengisi perut sebelum turun.setelah selesai masak dan makan, kemudian dilanjut dengan packing.
Jam 11.00 kami pun turun menuju pos 1 (membayangkan mendoan goreng yg enak seperti tahun lalu, mendoan favorit istri ane) ditemani hujan, perjalan turun mejadi semakin sulit, karena jalanan licin banget,berulang2 Alan,afdhal,nurman terpeleset .
Pos 5 - Pos 4 kami tempuh dalam waktu 20menit,kemudian pos 4 - pos 3 kami tempuh 45menit,di pos 3 kita ketmu sama bobby dan tyo,yang masih asyik tidur.dan mereka bilang bentar lagi packing turun dan kami pun duluan, pos 3 - pos 2 kami tempuh 1jam, dipos 2 kami istirahat agak lama, setelah cukup istirahat kami melanjutkan ke pos 1,untuk sampai pos 1 kami butuh waktu 1 jam dan berasa sangat lama, di Pos 1 ternyata Iman,annie,bg fikrul dan temennya iman sudah ada disitu, tapi ternyata pupus sudah harapan menikmati mendoan di pos 1 karena tidak ada yg jualan disitu..kecewaaa...huhuhu...
Kemudian Iman,annie,bg fikrul dan temennya lanjut ke basecamp, ane istirahat sambil menunggu bobby dkk,sambil ngobatin kaki istri yg luka lecet.
selang beberapa waktu bobby dkk pun tiba di pos 1, setelah selesai kasih P3K ke istri kita pun melanjutkan perjalanan ke basecamp. Butuh waktu yg lama menuju basecamp sekitar 1,5jam kita baru sampai sungai kecil deket perkebunan penduduk. bersih2 sandal,raincover biar tidak terlalu kotor ketika masuk pondok pemuda . Setelah itu kami pun sampai di Pos Pemuda /Basecamp. setelah itu kita siap2 mandi dan menghubungi bpk cicit selaku sopir innova kemaren yg kita carter, dan ternyata tidak bisa jemput karena baru narik..waduh...ya sudahlah..setelah mandi kita akhirnya sepakat naek truk SAR pemuda disitu dengan biaya 20rb perorang,, akhirnya kita meuju stasiun dengan truk yg beratap terpal dan diterpa hujan.. (haaahh padahal kita membayangkan pulangnya naek mobil mewah lagi).
Jam 20.30 kita sampai di stasiun purwokerto, untung kereta Ivan dan Temennya ivan molor sehingga mereka tidak ketinggalan . sambil nunggu kereta (GBM jam 22.50) ane pun tidur hehehe..dan teryata oh ternyata keretanya molor sampai jam 00.15.
Dikereta ane habiskan buat tidur hehehe..bangun2 sudah sampai Bekasi, agus,ade,bobby,dan tyo pun turun disitu. Jam 08.10 akhirnya kereta sampai di Stasiun Kota. dari Stasiun Kota ane dan bini pun naek taksi menuju home sweet home..sampai di home sweet home...hohoho cucian menumpuk keluh bini ane..wkakakakka...

Demikianlah perjalanan penuh cerita ane ke Gunung Slamet. dan karena bang rama and the gank belum melunasi hutang di gunung Slamet,,Desember tahun ini kami jadwalkan perjalanan ke sana lagi..

Demikianlah sekirannya cerita ane gan..banyak cerita bener,,dan maaf klo tulisannya amburadul karena sambil kerja juga hehehe...
bagi yg berkenan newbie boleh dilempar