Kamis, 29 Maret 2012

Manusia dan Keindahan

       Keindahan adalah konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati. Keindahan baru bisa muncul ketika dihubungkan dengan suatu benda atau karya. Keindahan itu identik dengan kebenaran. Dengan sesorang yang mempunyai niat untuk kebenaran juga bisa dikatakan keindahan. Keindahan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Karena manusia juga sudah terlahir dengan bebagai macam keindahan yang ada pada manusia tersebut. contohnya keindahan yang melekat pada kulit, hidung, dll. Pernahkah anda memperhatikan pasangan anda ? mungkin disitulah anda akan mengerti salah satu hubungan antara manusia dan keindahan. Pandanglah dari segi lainnya jangan hanya terpaku pada fisiknya.
        Keindahan pada dasarnya itu bersifat alamiah. Alamiah itu artinya wajar. Tidak dilebih-lebihkan maupun dikurangi. Jika seorang pelukis wanita melukis dengan menutupi melebih-lebihkan bagian yang kurang pada wanita tersebut, maka itu berarti tidak alamiah. Keindahan juga besifat universal artinya tidak terikat oleh selera perseorangan, tempat, selera mode dan lokal. Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengartian keindahan disebut nilai estetik. Dalam bidang filsafat, istilah nilai seringkali dipakai sebagai suatu kata benda abstrak yang berarti keberhargaan atau kebaikan. Nilai ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya, yakni nilai yang bersifat sebagai alat. Nilai intrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan, atau sebagai suatu tujuan, ataupun demi kepentingan benda itu sendiri.
        Pengungkapan keindahan dalam karya seni didasari oleh motivasi tertentu dan dengan tujuan tertentu pula. Motivasi itu dapat berupa pengalman atau kenyataan mengenai penderitaan hidup manusia, mengenai kemerosotan moral, mengenai perubahan nilai-nilai dalam masyarakat.
Adapun beberapa teori yang menerangkan tentang keindahan antara lain, Teori Pengungkapan, Metafisik dan Psikologis. Ada juga yang berpendapat bahwa keindahan itu berasal dari keserasian. Keserasian beasal dasi kata serasi yang artinya cocok. Karena itu, dalam keindahan ini, sebagian ahli pikir menjelaskan, bahwa keindahan pada dasarnya adalah sejumlah pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar