Kamis, 22 Maret 2012

Manusia & Cinta Kasih

      Manusia diciptakan oleh Allah S.W.T di anugrahi oleh rasa cinta dan kasih sayang. Cinta terhadap orang tua, sesama, ataupun yang lainnya. Pastinya semua orang didunia ini sudah merasakan rasa cinta. Lalu apakah cinta itu? Cincin Bertahtakah? bukan, cinta dapat diartikan berbeda-beda berdasarkan pola pemikiran manusia begitu pula kasih sayang. Menurut kamus umum bahasa indonesia cinta adalah perasaan suka ataupun sangat suka dan tertarik. Tapi cinta juga dapat diartikan sebagai curahan rasa kepedulian dari hati yang dimiliki manusia terhadap apa yang membuat diri mereka nyaman terhadap manusia ataupun makhluk lainnya. Cinta timbul dari rasa saling ketertarikan antar satu sama lain. Sedangkan kasih bisa dibilang sebagai rasa sayang terhadap sesama. jadi cinta kasih adalah rasa kepedulian manusia terhadap sesamanya maupun mahluk lain sehingga menimbulkan rasa kasih sayang.
      Terdapat pula perbedaan antara cinta dan kasih. Cinta lebih kepada perasaan yang mendalam. Sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk pengeluaran rasa. Cinta memiliki beberapa unsur yang membuat rasa cinta itu dapat bertahan. Unsur terpenting adalah rasa komitmen dan kepercayaan terhadap pasangan. Ada pun tingkatan tertinggi dalam cinta yaitu cinta atas dasar ridho Allah dan ridho kekasih. Bisa disebut inilah cinta sejati. Cinta utama dalam hidup. Dalam tingkatan ini seseorang yang mencintai mau melakukan apapun untuk orang yang dicintai dengan tidak melakukan larangan Allah S.W.T sehingga mendapatkan ridho dariNya.
    Manusia dan Cinta Kasih sangat erat hubungannya. Jika manusia diciptakan tanpa dapat merasakan apa itu cinta dan kasih pastinya sangat mengerikan. Pada sekarang ini banyak kejadian yang tidak menunjukan rasa kasih dan sayang terhadap manusia. Ini membuktikan bahwa semakin menipisnya rasa kasih dan sayang terhadap sesama. Kasih sayang adalah ungkapan saling menghargai dan memahami terhadap sesama. Bila semua itu dapat terwujud dalam kehidupan sehari-hari niscaya kemesraaan dalam kehidupan bermasyarakat dapat kita jaga.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 komentar: